Pendapat Ulama Senior Tentang Tahdzir Syaikh Robi bin Hadi Al Madkholi


zulfickarekal.wordpress.comSyaikh Abdullah bin Abdurrahman Al Jibrin rahimahullah, salah seorang ulama senior asal Arab Saudi yang telah wafat beberapa tahun silam, pernah ditanya tentang Al Jarh Watta’dil Syaikh Robi’ bin Hadi Al Madkholi dan keadaan Syaikh Adnan Al Ar’ur.

Beliau mengatakan “Robi’ bin Hadi Al Madkholi tidaklah diterima perkataannya dalam Jarh dan ta’dil”. Beliau kemudian memuji Syaikh Adnan Al Ar’ur dengan kebaikan. Berikut pertanyaan dan jawaban selengkapnya:

Pertanyaan: Telah diketahui bahwa Syaikh Robi’ bin Hadi Al Madkholi adalah seorang ulama Al Jarh watta’dil, saya telah mendengarnya dalam sebuah kaset berjudul “Sikap Ahlussunnah Terhadap Ahlul Bid’ah” dalam kaset ini terdapat Tahdzir kepada Syaikh Adnan Al Ar’ur, hal ini tmembuat kegoncangan besar disini (di Al Jazair), bagaimana pendapatmu tentang ini wahai syaikh?

Syaikh Abdullah bin Abdurrahman Al Jibrin menjawab: “Robi’ bin Hadi Al Madkholi tidaklah diterima perkataannya dalam Jarh dan ta’dil. Sesungguhnya dia (Syaikh Robi’) memiliki banyak kesalahan didalam kitab-kitabnya (yang dia tulis –pen), ini menunjukkan akan ketidaktahuannya atau pura-pura tidak tahu terhadap apa yang dia katakan.

Dia ini memiliki banyak karya tulis yang banyak mencela para da’i dan ulama terkenal, diantara mereka adalah Adnan Al Ar’ur yang jelas dia ini adalah termasuk ulama Ahlussunnah. Saya tidak mengetahui dia (Adnan Al Ar’ur) kecuali kebaikan. Dan kami tidaklah mentazkiyah seorang pun terhadap Allah ta’ala.

Para ahli ilmu menyebutkan bahwa tidak boleh menerima celaan seseorang yang hidup dizaman yang berdekatan, jika diantara keduanya ada perlombaan (dalam kebaikan), seperti yang terjadi antara Ibnu Ishaq dengan Malik bin Anas, antara Ibnu Hajar dengan Al Aini, antara As Sakhowi dengan As Suyuthi dan yang semisal dengan mereka, maka tidak diterima perkataannya. Dan kami mengharapkan agar mereka bisa berdamai. wallahul muwaffiq.(bms)

Sumber: http://ibn-jebreen.com/?t=fatwa&view=vmasal&subid=1108&parent=3225

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: