KEBERANIAN DUA PAHLAWAN MUDA


0arab_desertDikutip dari web : www.al-irsyad.or.id

Abdurrohman bin ‘Auf Rodhiyallahu ‘anhu adalah seorang sahabat Rasuulullah Shallallahu Alaihi Wasallam. Suatu ketika ia ikut berperang bersama Rasulullah pada perang Badar. Pada saat itulah ia menyaksikan suatu kejadian yang sangat menakjubkan dan luar biasa. Maukah kalian mengetahuinya?

Abdurrohman bin ‘Auf Rodhiyallahu ‘anhu bercerita,

Saat itu aku berada pada suatu barisan, ketika aku menoleh ke kanan dank e kiri aku melihat dua orang pemuda yang masih belia hingga seakan-akan aku tidak percaya melihatnya. Tiba-tiba salah seorang  dari keduanya bertanya kepadaku dengan berbisik, takut jika di dengar temannya,”Wahai Paman, tunjukkan kepadaku Abu Jahal! Aku telah berjanji kepada Allah bila aku melihat dia, akan ku bunuh atau mungkin aku akan mati di tangannya.”Anak yang satunya mengatakan hal yang sama dengan berbisik pula.

Abdurrohman bin Auf Rodhiyallahu ‘anhu berkata, ” Alangkah gembiranya aku bisa berada bersama dua orang anak seperti ini”. Lalu aku tunjuki Abu Jahal kepada keduanya,”Itulah orang yang kalian cari”.

Kemudian kedua anak tersebut menyerang Abu Jahal dengan ganas laksana dua burung elang, keduanya berhasil memukulnya, sehingga Abu Jahal pun jatuh tersungkur.

Setelah berhasil membunuh Abu Jahal kemudian keduanya menemui Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam dan beliau bertanya,”Siapakah di antara kalian berdua yang telah berhasil membunuhnya?”Masing-Masing menjawab,”Akulah yang telah membunuhnya”. Apakah kalian sudah mengusap pedang kalian?”,Tanya beliau. Keduanya menjawab,”Belum”. Beliau memandang pedang milik keduanya lalu bersabda,”Kalian berdua telah membunuhnya.”

Kedua pahlawan muda itu adalah Mu’adz bin ‘Amr Al- Jamuh dan Mu’awwidz bin Afra’.

Pada akhirnya, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam memutuskan untuk memberikan rampasan perang yang di ambil dari Abu Jahal kepada Mu’adz bin ‘Amir Al-Jamuh.(Zulfickar ekal)

(Sumber: Siroh An- Nabawiyah karya Ibnu Hisyam dan Ar-Rohiqul Makhtum karya As- Syaikh Shofiyyur Rohman al- Mubarokfury. Kisah ini terdapat di dalam Kitab Shohih Al-Bukhori)

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: