Mengobati Kesurupan Dengan Sandal Jepit


Berkata ‘Ali bin Al Mikri : “Suatu saat saya ketika berada di Masjid Imam Ahmad bin Hanbal, Al Mutawakkil (khalifah) mengutus seorang temannya ke Imam Ahmad, ia beritahukan bahwa ia memiliki seorang anak gadis yang kesurupan, dan meminta agar Imam Ahmad mendoakannya agar sembuh, maka Imam Ahmad mengeluarkan sandal jepit dari kayu yang khusus untuk dipakai berwudhu’, lalu diberikanlah ke teman tersebut, dan beliau berkata : “Datanglah ke kediaman Amirul Mu’minin, dan engkau duduklah di sisi kepala anak wanita itu, dan katakan padanya : “bahwa Ahmad berpesan kepadamu : “Mana yang engkau senangi, keluar dari tubuh anak gadis ini ataukah ditampar dengan sandal ini?”.

Dan akhirnya berangkatlah ia, dan iapun mengatakan sebagaimana yang dikatakan oleh Imam Ahmad. Berkatalah (jin) yang merasukinya melalui lidah anak gadis itu : ”Saya tunduk dan patuh, jika sekiranya Ahmad menyuruh kami untuk tidak menetap di Irak tidaklah kami menetap di Irak, dikarenakan ia seorang yang ta’at kepada Allah dan barang siapa yang ta’at kepada Allah segala sesuatu akan ta’at kepadanya. Dan Ia pun keluar dari tubuh anak gadis itu. Dan anak gadis itu menjadi tenang, lalu menikah dan diberkati keturunan yang banyak”.

Setelah Imam Ahmad wafat, (jin) yang pernah merasuki anak gadis itu kembali lagi (ke dalam tubuh anak gadis tersebut), maka Al Mutawakkil mengutus seorang temannya kepada Abu Bakar Al Marrudzi, dan diceritakan tentang keadaan ini, lalu Al Marrudzi mengambil sandal jepit pula, dan iapun kembali ke anak gadis itu, dan sepertinya (jin) Ifrit berbicara dengan lidah anak gadis itu : “Saya tidak akan keluar dari anak gadis ini, dan tidak akan tunduk padamu dan tidak akan menerima darimu, adapun Ahmad bin Hanbal ta’at kepada Allah maka kamipun diperintahkan agar mematuhinya”. (Ath Thabaqat 1/ 232 – 233)

(Sumber: http://gizanherbal.wordpress.com)

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: