Muslim Rohinngya Tidak Rayakan Idul Adha


RANGOON (gemaislam)– Kekerasan kembali terjadi di wilayah Rohingya, Myanmar. Bentrokan antar kelompok muslim minoritas dan warga mayoritsas Budha terjadi baru-baru ini. Pihak otoritas Myanmar menyebut bahwa korban tewas berjumlah tiga orang yang berasal dari pihak Muslim Rohingya meskipun menurut seorang tetua Rohingya jumlah korban tewas mencapai 100 orang. Kekerasan terjadi di beberapa wilayah di antaranya desa Parein, Paiketay, Tharak Rwa, dan Sudaine Rwa.

Selain itu, masjid Anauk Paikseik dan Kyaukpru juga mendapatkan serangan pada 22 Oktober sekitar pukul 23.00. Para penduduk desa mampu memadamkan kobaran api sehingga hanya bagian pagar depan yang terbakar. Sayangnya, pemerintah Myanmar menuduh bahwa kebakaran tersebut dibuat sendiri oleh warga Muslim Rohingya dan menangkap imam serta beberapa penjaga masjid.

Kondisi seperti ini membuat warga Muslim Rohingya terancam tidak bisa merayakan hari Idul Adha seperti kebanyakan kaum muslimin di seluruh penjuru dunia.

“Kami tidak bisa merayakan Idul Adha tahun ini sementara saudara-saudara kita di Arakan menghadapi situasi yang mengerikan” ujar seorang juru bicara Asosiasi Muslim Burma, seperti dikutip kaladanpress, Rabu (24/10).

“Mereka dibunuh dan desa-desa mereka dibakar. Pemerintah juga tidak menyediakan jaminan keamanan bagi kami untuk merayakan id. Itu sebabnya perayaan id tidak kami lakukan” lanjutnya.

Menanggapi situasi yang semakin memburuk, beberapa organisasi Muslim di Myanmar telah mengirim surat terbuka kepada Presiden Myanmar, Thein Sein guna meminta perlindungan keamanan. Belum ada balasan apapun dari Presiden mengenai surat tersebut. (arc)

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: