Perang Sisakan Trauma Bagi Anak-Anak Suriah


DAMASKUS (gemaislam) – Perang dan kekerasan selalu menimbulkan masalah bagi para korbannya. Akibat yang ditimbulkan baik fisik maupun mental terkadang tidak bisa hilang dalam waktu dekat. Demikian pula yang terjadi pada anak-anak yang menjadi korban perang di Suriah.

Sebuah Badan Amal yang berbasis di Inggris Save The Children, melaporkan, banyak anak-anak Suriah yang mengalami penyiksaan dan penculikan. Bahkan ada juga yang dengan mata kepala sendiri, menyaksikan teman sebayanya atau angggota keluarganya tewas diterjang peluru militer pemerintah Assad.

Badan amal ini menyusun kesaksian dari anak-anak Suriah yang mengungsi di negara-negara tetangga. Laporan juga menyebut bahwa hampir setiap anak yang mereka temui menyaksikan anggota keluarga mereka dibunuh.

Laporan Save The Children juga dilengkapi dengan berbagai dokumentasi tentang konflik yang terjadi selama 18 bulan terakhir. Diantaranya seorang anak laki-laki berusia 15 tahun dengan tubuh penuh dengan sundutan rokok dan dikurung di gedung sekolahnya. Sementara itu anak lain bercerita bahwa dirinya disetrum dan juga dimasukkan ke dalam sel yang berisi mayat-mayat yang membusuk.

Banyak tindakan diluar kemanusiaan yang terjadi selama konflik berkepanjangan ini. Bahkan Save the Children menggambarkan tindakan itu sebagai tindakan yang “konsisten, berlangsung terus, dan mengerikan,” demikian dilansir BBC, Selasa (25/09).

“Pengalaman yang saya dengar dari anak-anak ini jelas mengerikan. Saya dengar anak-anak usia 10 tahun disiksa. Saya juga dengar anak-anak usia delapan tahun membantu menarik jenazah dari puing-puing bangunan dengan tangan mereka sendiri.” ujar Cat Carter, juru bicara Save The Children.

Save The Children juga meminta PBB agar menambah staf di lapangan untuk mendokumentasikan kekerasan ini sehingga mereka yang terlibat dapat diminta pertanggung jawabannya. (arc)

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: