Kiat dalam mengarahkan ujian hidup anda


 

www.al-irsyad.or.id

Ujian hidup mesti selalu menyertai setiap insan selagi dia hidup di dunia. Hanya saja ada ujian hidup yang terasa memberatkan, namun ada juga ujian hidup yang dirasakan ringan, seperti yang dialami oleh para nabi dan orang-orang sholeh. Ada enam langkah yang perlu dilakukan dalam mengarahkan ujian hidup anda agar terasa ringan dan bisa menimbulkan harapan kebahagiaan:

–   Ambil gaya hidup orang sholeh, terapkan menjadi gaya hidup anda. Makan dan minum dibatasi hanya dari makanan dan minuman yang halal dan tidak membahayakan kesehatan juga batasi sekadarnya untuk bisa beraktifitas dan tidak menjadi tumpukan kelebihan.

–   Tidurlah sehabis isya, upayakan untuk tidak ada lagi kegiatan kecuali penting sekali dan tutuplah setiap hari anda dengan dzikir, baca alqur’an, sholat dan doa.

–   Bekerja keraslah setiap hari dengan menggunakan seluruh badan dan fikiran serta berolah-ragalah secara teratur.

–   Bersedekahlah sebanyak-banyaknya seperti para sahabat, bantulah saudara kita yang susah, dukunglah kegiatan yang bermanfaat dan ringankan beban orang.

–   Cintai setiap apa dan siapapun yang Alloh cintai, bencilah setiap apa dan siapapun yang Alloh benci dan musuhi setiap apa dan siapapun yang Alloh musuhi.”Gaya hidup anda akan membentuk ujian anda”.

Orang yang ridho kepada Alloh dan tunduk patuh kepada aturannya akan dibantuNya. Sebaliknya orang yang menentang Alloh dan menantangNya akan diberatkan ujiannya. Hakikat hidup ini hanyaah ujian, untuk itu Alloh selalu mengawasi manusia.

Ust. Yusuf Utsman Baisa, Lc

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: