Aksi Damai Untuk Muslim Rohingya


JAKARTA (gemaislam.com) –Sejumlah elemen kaum muslimin melakukan aksi damai untuk penderitaan Muslim Rohingya di bundaran HI, Jakarta, Kamis (26/07).

Seperti diwartakan Republika, Mereka menuntut pemerintah Myanmar bertanggung jawab atas penindasan etnis minoritas muslim Rohingnya. Serta mendesak PBB untuk melakukan upaya konkrit dengan menurunkan pasukan perdamaian untuk menghentikan aksi kekerasan, pembunuhan dan pengusiran etnis minoritas muslim Rohingya dari Myanmar.

Ditempat terpisah, Ahmed Zaki Iskandar, anggota DPR Komisi I Fraksi Partai Golkar mengatakan bahwa Pembantaian suku Rohingya merupakan pelanggaran hak asasi manusia. “Apalagi pembantaian ini sudah terjadi sejak beberapa tahun lalu dan terus terjadi hingga bulan ini,” tutur Zaki, seperti dilansir Tribun News pada kamis (26/07).

Menurut Zaki, saat ini kaum Muslim di Rohingya tidak bisa melakukan ibadah Ramadhan dengan tenang. Pasalnya, kekerasan komunal  terus berlangsung di Myanmar Barat, enam minggu setelah pemerintah mengumumkan keadaan darurat.

Untuk itu, Zaki mendesak Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa agar pemerintah Myanmar  menghentikan pembantaian kaum Muslim Rohingnya.

Badan-Badan internasional seperti PBB dan OKI juga mengambil tindakan konkrit guna menyelamatkan kaum muslim Rohingnya. “Langkah paling awal, pemerintah harus mengirimkan nota protes ke kedubes Myanmar,” ujarnya.

Zaki menambahkan, sebagai Ketua Asean, Indonesia berkewajiban memperhatikan dan ikut menyelesaikan masalah ini.

Jumlah korban muslim di Arakan diperkirakan mencapai 6.000 jiwa. Selain dibunuh, juga terjadi pembakaran, penjarahan, pemerkosaan, serta penangkapan Muslim Rohingya di Negara Bagian Arakan.

Sebelumnya, MUI telah mengutuk keras pembantaian tersebut dan meminta kepada pemerintah Indonesia untuk ikut berperan dalam menyelamatkan kaum muslim Rohingya. (bms)

 

 

 

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: