Wajibnya Taat pada orangtua


Assalamu’alaikum…

وَوَصَّيْنَا الْإِنسَانَ بِوَالِدَيْهِ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ وَهْنًا عَلَىٰ وَهْنٍ وَفِصَالُهُ فِي عَامَيْنِ أَنِ اشْكُرْ‌ لِي وَلِوَالِدَيْكَ إِلَيَّ الْمَصِيرُ‌
“Dan Kami perintakan kepada manusia (agar berbuat baik) kepada kedua ibu bapaknya, ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepadaKu dan kedua ibu bapakmu.” (QS. Luqman : 14)

Beberapa pertanyaan :

1. Bagaimana bila orangtua saya jahat, sering memukul saya, apakah saya masih tetap wajib taat padanya?

Jawab : Iya, kita sebagai anak wajib taat kepada orangtua, karena tugas seorang anak adalah untuk taat, dan ketaatan disini hanya ada dalam kebaikan saja, dan bila kita di perintah untuk melanggar hukum Allah maka sebagai anak boleh untuk tidak taat pada orangtua dalam hal tersebut, dan itu bukan berarti boleh menghina orangtua. karena sejahat-jahatnya orangtua, orangtua adalah orangtua kita yang kita wajib berbuat baik padanya, meski orangtua adalah orang jahat sekalipun, karena kelakuan orantua adalah urusan orangtua Allah, dan urusan kita sebagai anah untuk taat dan baik kepada orangtua juga mengingatkan dengan baik bila ditemukan satu hal yg tidak baik pada orangtua

2. orangtua saya non muslim, apakah saya wajib taat padanya?

jawab : ya, wajib taat dan berbuat baik pada orangtua meskipun mereka bukan orang islam, dan taat disini sekali lagi hanya dalam hal yg baik dan tidak melanggar syariat. dan dalam hal ini sebagai anak perlihatkanlah akhlaq yg baik, dan ajaklah orangtua kejalan islam dengan cara yg baik.

3. orangtua saya, tidak pernah memperhatikan saya sejak kecil, saya benci orangtua saya, apakah saya dosa?

jawab : ya, anda berdosa karena membenci orangtua karena membenci termasuk berbuat buruk pada mereka dikerenakan kebencian itu anda tidak akan berbuat baik pada mereka dan tidak berbuat baik pada mereka itu melanggar perintah Allah dan surah Luqman ayat 14 , tugas sebagai anak adalah taat dan baik kepada orangtua, apapun keadaan dan kelakuan orangtua.

  1. Reblogged this on kua gerunggang.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: