Harus Cerdas Menghadapi Propaganda AS


Liputan spionase polisi New York terhadap mahasiswa Muslim As meraih penghargaan Pulitzer. Ini memperlihatkan AS masih takut pada Islam?


Ini memang memperlihatkan masih besar (Islamofobia). Masyarakat AS sebenarnya sudah terbuka. Namun, para elite politik dan pemerintah ternyata masih belum bisa bersikap terbuka. Di sana ada kekuatan yang tidak tampak. Ini bisa dilihat dari kebijakan-kebijakan AS.

Bentuknya seperti apa?


Mereka biasanya membentuk lembaga yang sengaja mematai-matai umat Islam. Ada juga lewat kampanye deradikalisasi, liberalisasi, hingga pluralisasi. Misalnya RUN Cooperation. Ini lembaga swasta yang tugasnya memberikan laporan ke dewan keamanan AS. Dari tangan dewan ini lahir kebijakan dan diambil tindakan strategis politis terhadap umat Islam.

Apa yang dilakukan Pemerintah AS ini juga didasarkan oleh motif ekonomi?

Motif ekonomi masih sangat besar di sini. Dari berbagai macam kebijakan, ujung-ujungnya ternyata ekonomi juga. Lihat saja bagaimana politik amerika itu selalu mengincar minyak atau sumber daya alam lainnya.ini lebih bertujuan untuk melindungi kepentingan ekonomi mereka.
Apa yang Pemerintah AS lakukan ini melanggar HAM?
Kita tidak bisa berharap banyak soal HAM ini. Soalnya mereka yang menjadi juri sekaligus juga pemainnya. Hasilnya tentu saja akan bias. Justru kalau bicara soal HAM, begitu banyak hak-hak umat Islam di Negara barat yang dilanggar. Yang pasti kita memang dirugikan dengan prinsip-prinsip HAM yang dicetuskan oleh mereka.

Perlukah umat Muslim bersikap menantang cara-cara Pemerintah AS ini?


Kita justru harus cermati apa yang mereka lakukan, lalu menyikapinya secara cerdas. Missal-nya saja kita harus bisa lebih memahami kampanye-kampanye mereka seperti terorisme, deradikalisasi, moderat, dan lain sebagainya yang selama ini dikuasai oleh domain mereka. Intinya memang perlu kerja cerdas menghadapi Amerika. Ed: Stevy maradona

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: