Wajibnya Bersedekah


Tirmidzi meriwayatkan dari Said bin Yasar ra. Berkata, Rasulullah SAW bersabda,”Sesungguhnya Allah menerima sedekah, Dia mengambilnya dengan tangan kanan-Nya dan mengembangkannya untuk salah satu dari kalian sebagaimana seseorang di antara kamu memelihara anak kudanya, sampai-sampai satu suapan saja menjadi sebesar bukit Uhud, hal itu sebagaimana disebutkan dalam kitab Allah,”Apakah kamu sekalian tidak mengetahui bahwa Allah menerima taubat dari para hamba-Nya dan menerima sedekah (dan Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah).”

Ibnu Majjah meriwayatkan dari Jabir ra. Berkata,”Rasulullah SAW berkhutbah di hadapan kami, beliau bersabda,”Wahai sekalian manusia bertaubatlah kamu sekalian sebelum mati, segeralah melakukan amal kebaikan sebelum kamu sekalian sibuk, hubungkan tali di antara kalian dan dengan Tuhanmu dengan banyak berdzikir kepada-Nya dan banyak bersedekah, baik dengan rahasia maupun terang-terangan, dengan itu niscaya kalian dilapangkan rezekinya, ditolong, dan ditutup kekurangannya.”

Imam Ahmad meriwayatkan dari Abdullah bin Mas’ud ra. Berkata, Rasul SAW bersada;”Hendaknya setiap hari dari kalian menjaga dirinya dari api neraka, meskipun dengan sebuah kurma.”

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: